Orang Lebih Banyak Nonton YouTube Daripada Berkunjung Ke Blog, Ada Apa?

Orang lebih mudah untuk melihat tutorial di YouTube, seperti bagaimana mengaplikasikan lem pipa. Pastinya Anda semua sepakat jika lebih mudah lihat tutorial yang ada di video dari pada membaca tutorialnya di blog.

Namun sebenarnya ada faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kecenderungan masyarakat Indonesia yang lebih suka nonton YouTube ketimbang blog. Dan ini kemungkinan besar menjadi karakteristik masyarakat Indonesia itu sendiri.

Misalnya saja orang Indonesia yang minat bacanya terbilang cukup rendah. Peneliti PISA menunjukkan rendahnya tingkat literasi dari orang Indonesia dibanding negara-negara di dunia.

Ini bukanlah klaim semata, sebab sebelumnya PISA sudah melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap 72 negara. Indonesia berada pada rangking 62 dari 70 negara yang disurvei. Indonesia masih mengungguli Brazil tapi berada di bawah Yordania.

Selain minat baca yang rendah, faktor lain yang menyebabkan orang Indonesia lebih suka menontoh YouTube ketimbang Blog adalah kecenderungan lebih suka nonton ketimbang baca. Ditambah lagi saat ini bisa dikatakan kuota internet juga sangat murah.

Bayangkan saja, hanya dengan pulsa 80 ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan kuota internet 13 GB ditambah kuota malamnya 20 GB. Jadi tidak mengherankan jika mulai dari anak-anak sampai orang tua setiap hari pasti tidak ketinggalan menonton YouTube.

Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja, alasan paling esensial kenapa banyak yang lebih suka menonton YouTube karena semua hal sekarang sudah ada videonya. Bisa dilihat, semua tutorial tentang apapun saat ini bisa ditonton di YouTube.

Tentunya orang akan lebih mudah paham jika melihat prekteknya langsung dari pada membaca teorinya. Misalnya saja terkait dengan bagaimana cara yang benar saat mengelem pipa? Apa saja merek lem pipa yang memiliki kualitas bagus? Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kondisi-kondisi semacam itulah yang kini membuat para blogger lantas memilih mencantumkan sebuah video pada tulisan yang ada di blog-nya. Jadi selain mengulas teorinya, dari segi prakteknya juga ada.

Jadi ini bisa menjadi masukan untuk para blogger yang ada di luaran sana. Semenarik dan sejelas apapun isi tulisan Anda, perlu diakui jika masih kalah pamor dengan video tutorial yang ada di YouTube, misalnya saja seperti bagaimana cara mengaplikasikan lem pipa Ruglue dari Rucika agar pipa awet dan kuat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *